Kisah Selebgram Bercadar, Dulu Dilempar Batu Kini Sukses Jadi Fotografer
logo

10 November 2019

Kisah Selebgram Bercadar, Dulu Dilempar Batu Kini Sukses Jadi Fotografer

Kisah Selebgram Bercadar, Dulu Dilempar Batu Kini Sukses Jadi Fotografer

GELORA.CO - Azthry Ibrahim tak pernah menyangka dirinya akan menjadi fotografer. Apalagi sebagai fotografer bercadar. Kisahnya memakai cadar dilalui dengan bullying dari berbagai pihak. Bagaimana kisah wanita yang populer di Instagram dengan pengikut lebih dari 43 ribu itu?

Keinginan Azthry untuk memakai niqab atau cadar berawal dari mimpi. Setidaknya empat hingga lima kali dia mimpi memakai cadar. Dia bahkan juga memimpikan pendiri komunitas wanita bercadar Niqab Squad, Indadari.

"Terus aku jadi stalking orang yang berniqab gitu salah satunya teh Indadari, yang pertama pakai itu teh Inda dan teh Aya (Soraya Abdullah) aku melihatnya kok adem gitu, padahal aku melihatnya di media sosial doang. Jadi semakin deg-degan jadi kayak kepikiran dan dimimpiin lagi," kata Azthry saat ditemui Wolipop, di Hotel Borobudur baru-baru ini.

Azthry kemudian melihat Inda di televisi. "Pokoknya pas liat teh Inda kayak liat pacar bawaannya deg-degan aja. Pokoknya langsung bergetar. Langsung nangis, padahal aku belum kenal banget sama teh Inda," kenangnya seraya tertawa.


Wanita 32 tahun ini mantap memakai cadar pada 2014. Keputusannya itu mendapatkan dukungan penuh dari suaminya. Namun mertuanya menentang penampilan barunya itu.



Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh THYE (@thytzu) pada


"Saat itu aku lagi ke rumah mertua, dia langsung kaget dan disuruh copot niqab pas ada acara. Aku langsung nangis banget, memang ini ujiannya. Alhamdulillah sekarang sudah bisa menerima dan mendukung," jelas ibu dari tiga orang anak ini.

Ujian memakai cadar terus dialami Azthry. Dia beberapakali mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat memakai niqab.

"Aku pernah dibully, diteriakin setan, maling, suka ditakut-takutin ibu-ibu kalo anaknya lagi nangis. si ibu itu ngomong gini,"kalau nangis nanti diculik lho sama yang itu," sambil nunjuk aku, parah banget," kenang Azthry seraya tertawa.



Tidak hanya itu saja, Azthry juga mengaku pada tahun keduanya memakai cadar, dia pernah dilempar batu oleh anak kecil ketika sedang berjalan. Berbagai ujian tersebut sempat membuatnya sedih. Namun dia merasa justru keimanannya semakin kuat dan mantap untuk terus memakai niqab.

"Semakin kepengin ngebuktiin dan memperbaiki diri lewat akhlak. Kalau misalnya kita ngelawan kan bikin orang yang semakin nggak respect juga kan? Jadi kita nunjukkin ya akhlak kita semakin baik, sabar aja, ramah sama mereka dan merangkul," kata wanita kelahiran Bandung ini.

Setelah memakai niqab, Azthry memutuskan keluar dari pekerjaannya di sebuah bank swasta. Pada 2005, dia kemudian mulai meneruskan hobinya di dunia fotografi yang sudah dilakukannya sejak SMA.

"Aku suka dunia fotografi sejak SMA dan berawal dari hobi motret aja lalu iseng-iseng belajar dari kakak yang memang hobi foto juga. Awalnya teman-teman sekolahku yang suka minta difotoin. Dari situ mulai jadi penghasilan. Dulu masih pake kamera yang analog, camera yang roll film. Sekarang Alhamdulillah, banyak klien dari berbagai perusahaan," jelas wanita yang sering memotret untuk acara pernikahan dan human interest itu.

Azthry menceritakan saat pertamakali mendapat klien yang mengetahui dirinya memakai cadar, kemampuannya sempat diragukan. Namun setelah melihat hasil karyanya, keraguan itu sirna. Kini dunia fotografi sudah memberikannya penghasilan tetap. Dia mendapatkan pekerjaan dari berbagai kalangan, termasuk non muslim.

"Kemarin aku baru pulang dari China. Aku dipercaya untuk back up bikin video tournya sebuah perusahaan yang berada di TB Simatupang, untuk mendokumentasikan setiap acaranya," ungkapnya.

Lima tahun belakangan Azthry juga mengembangkan kemampuannya di bidang videographer. "Alhamdulillah dengan liat hasil kerjaku, pada puas dan pakai jasaku terus," tambah wanita yang juga bagian dari komunitas Niqab Squad itu.

Sukses menjadi fotografer professional, Azthry memberikan pesan bagi wanita yang ingin memakai niqab agar tidak ragu. "Jika sudah ada kemauan dari hati untuk berniqab, ya Bismillah pakai aja langsung dan nanti akhlak akan mengikuti dengan seiringnya waktu," pungkasnya.[dtk]
Loading...
loading...